Pengertian dan Keuntungan Menggunakan Bullish Pin Bar

Logo TF

Trading forex dan saham kian naik daun dari waktu ke waktu. Besarnya income dari trading jadi salah satu alasan kenapa banyak milenial yang tertarik dengan investasi ini.

Namun, terjun ke dunia trading ternyata tak seindah yang dibayangkan. Ada suka duka yang harus dihadapi para trader pemula.

Apalagi kalau kalian tak memiliki skill yang mumpuni dalam membaca candlestick. Nah, bicara soal candlestick, ada satu kondisi yang cukup krusial, yakni bullish pin bar.

Biasanya kondisi ini menunjukkan suatu penolakan dan pembalikan harga yang cukup tajam. Kalau kalian gagal membaca kondisi ini, tak menutup kemungkinan kalian akan kehilangan cuan saat real trading.

Lalu, bullish pinbar itu apa sih? Yuk, simak ulasannya.

Apa Itu Bullish Pin Bar?

Pengertian dan Keuntungan Menggunakan Bullish Pin Bar
Penerapan candle Bullish Pin Bar Dalam Trading

Bullish pin bar digunakan untuk menggambarkan penolakan terhadap harga yang lebih rendah. Sumbu bagian bawah menunjukkan bearish memegang kendali sebelumnya, tapi diatasi oleh bullish.

Pin bar sendiri adalah single candle dengan sumbu yang signifikan. Ukuran body candle sangat pendek, bahkan menutupi lebih dari 70% candle.

Kondisi ini menunjukkan kalau candle dibuka pada harga tertentu, lalu bergerak menjauh dari harga pembukaan, tapi saat penutupan nilainya kembali mendekati titik pembukaan.

Agar tidak salah langkah saat menghadapi situasi ini, tentunya kalian harus tahu cara membaca candlestick agar profit terlebih dahulu.

Strategi Menghadapi Pola Bullish Pin bar

Saat menghadapi situasi semacam ini, kalian harus punya strategi berdagang biar tetap cuan. Jangan sampai salah membaca candlestick yang berakhir dengan kerugian besar.

Salah satu strategi yang dapat kalian terapkan saat kondisi ini adalah mencari candle pin bar bearish di dekat level resistance.

Selain itu, tempatkan order stop jual di bagian bawah candle pin bar dan stop loss di sisi berlawanan dengan candle.

Strategi yang tak kalah penting adalah menempatkan target awal pada 2x risiko yang diambil dan jangan mengambil risiko lebih dari 1,5% dalam perdagangan tunggal agar kalian tetap profit saat trading.

Keuntungan Menggunakan Candle Bullish Pin Bar

Buat kalian yang terjun ke dunia trading, wajib mengetahui cara memperdagangkan pin bar. Sebab ini merupakan pola aksi harga paling umum yang akan kamu temui dalam candlestick.

Meskipun perdagangan pin bar sebenernya tak terlalu sulit, tapi kalau kalian tak paham cara membacanya sejak awal, akan ada banyak kerugian yang kalian dapatkan.

Salah satu keuntungan dari bullish pinbar adalah polanya yang mudah dikenali dan sangat akurat. Selain itu, pola perdagangan ini punya titik masuk dan keluar yang terdefinisi dengan baik, sehingga risiko perdangannya bisa kalian ukur.

Setelah mengetahui pengertian dan keuntungan bullish pin bar, saatnya kalian mempraktekkannya ke real trading.

Namun, pastikan broker yang kalian pilih adalah perusahaan terbaik dan terpercaya yang sudah terjamin keamanannya.

Logo TF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *