Trading Plan EURGBP Time Frame 4 Jam

Logo TF

Hallo Trader Indonesia..Kali ini saya akan sharing trading plan di pair EURGBP. Basic dari analisa rencana trading ini menggunakan prinsip dagang yaitu supply and demand. Pertama yang saya mengidentifikasi area suplay pada time frame harian yang saya tandai dengan kotak hijau. Demand base hariannya adalah kotak ungu.

Sebenarnya sebelum saya menentukan area supply dan demandnya, yang utama adalah membaca arah tren. Apakah tren yang sedant terjadi naik apa tren turun. Sehingga bisa memudahkan menentukan rencana trading eurgbp.

Break Down Analisis EURGBP

Selanjutnya saya akan melihat chart pada time frame yang lebih rendah yaitu 4 jam. Secara personal profil trading saya di 4 jam. Jarang melalukan trading di 1 jam apalagi di rentang waktu yang lebih rendah.

Di analisa pair EURGBP ini, saya sudah menemukan area base/basing, yaitu kotak berwarna orange. Mari kita lihat gambar yang lebih dekat dibawah ini untum memperjelas trading plan eurgbp.

Trading Plan EURGBP Time Frame 4 Jam
Area Base EURGBP | Grafik Menggunakan TradingView

Menurut analisa saya area demand/kotak orange diatas adalah zona dimana terjadi imbalance antara supply dan demand. Demand/permintaan lebih besar dari supply/penawaran sehingga harga akan mantul naik.

Faktor apa lagi yang menguatkan saya kotak orange diatas adalah memiliki demand yang lebih besar dari supply?? Bisa temen2 lihat pada gambar diatas, sebelum terjadi base (kotak orange). Tidak terjadi, sekali lagi “tidak terjadi” balancing supply demand atau keseimbangan harga jual dan harga beli.

Dari mana kita tahunya? ditandai dengan tidak adanya candle stick yang menunjukan terjadinya harga yang fair.

Trading Plan EURGBP

Tanggal SetupTanggal EntriPositionEntri PriceStop LossTarget Price 1Target Price 2Target Price 3FormasiTF
 30/11/2012 02/12/2021 Buy 0.84909 0.84542 0.85276 0.85643 0.86010 RBR 4
Rencana Trading EURGBP

Update tanggal 08 Desember 2021

Setelah 6 hari dari fillednya setup rencana trading diatas, mari kita lihat hasilnya dibawah ini.

Trading Plan EURGBP Time Frame 4 Jam
Hasil Trading Plan EURGBP

Seperti yang temen-temen lihat pada grafik diatas, rencana trading ini hit target profit 2, otw ke TP3. Saya sendiri mengambil di TP 2, sudah profit.

Saat ini saya akan planing lagi di new base yang terbentuk diatas, lihat keterangannya sebelah kanan dari grafik diatas. saya masih akan setup buy posisi karena trennya masih up.

Disetiap analisa, saya menggunakan charting dari tradingview. Charting tradingview ini sangat user friendly dan nyaman serta memiliki jutaan kelebihan.

Temen-temen bisa mencobanya secara free, klik disini.

Logo TF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *