Turun Karena Wabah Virus Corona, Inilah Trading Plan AUDUSD

Inilah trading plan AUDUSD setelah wabah virus corona dinyatakan pandemi. Wabah virus corona telah menyebar ke 189 Negara di seluruh dunia. WHO telah menyatakan wabah karena corona ini sebagai pandemi global dan mempengaruhi semua sektor bisnis termasuk forex.

Khusus pada pair AUDUSD mengalami turun tajam sejak awal maret. Saya sendiri tidak trading di pair ini. Baru pada kesempatan ini saya trading berdasarkan trading plan audusd yang sudah saya marking sebelumnya.

Grafik Trading plan audusd
Grafik audusd

Pada grafik Dayli diatas, bisa dilihat candle tanggal 25 Maret 2020 mengalami tekanan jual sehingga membentuk candle berwarna merah dan wick yang lebih panjang dari pada bodi candle. Kemudian saya breakdown ke grafik 4 jam. Bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

Grafik AUDUSD 4 Jam
Grafik AUDUSD 4 Jam | Chart : id.investing.com

Analisa saya berdasarkan grafik 4 jam diatas adalah akan membentuk pola “Uptren continuation” tapi harga akan bergerak turun terlebih dahulu menuju poin “E” lalu akan bergerak naik sampai break resistance kotak hijau “D”.

Saya sendiri sudah open posisi sell kemarin tanggal 25 Maret 2020, berikut trading plan saya.

Trading Plan AUDUSD

Tanggal Entri
25 Maret 2020
Position
Sell
Entri Price
0.59600
Stop Loss
0.60930
Target Profit
0.57590
Risk : Reward Rasio
1:1.56

Analisa Menggunakan Donchian Channel

Analisa AUDUSD ini menggunakan indikator donchian channel. Indikator ini ditemukan oleh Richard Donchian setelah perang dunia kedua. Richard adalah seorang trader saham yang sangat konservatif.

Point penting dari beliau adalah lebih baik trading dimarket yang tidak volatil dan jika kita baru mulai trading (pemula) tak masalah jika tidak profit dahulu.

Bagaimana Menggunakan Indikator Donchian Channel ini?

Cara terbaik trading menggunakan donchian adalah buy jika harga breakout garis atas channel ini. Istilahnya “The Best For Buying”.

Tentunya kita selalu mengikuti tren besarnya kemana. Sebaiknya lihat tren di dayli time frame.

Practise make perfect. Kata inilah yang boleh kita sebut ideologi dalam mastering sebuah keterampilan yang harus kita kuasai.

Tanpa praktek yang cukup, mustahil akan jadi master dibidang tertentu. Saya sendiri melalui blog doktertrader.com ini, berusaha menguasai satu strategi trading dulu sampai profit konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *